Ngobrol Bareng MPR: Empat Pilar Kebangsaan

8:30 PM

Paul Virilio pernah membahas mengenai arus informasi yang mengalir kian derasnya dalam bukunya yang berjudul The Information Bomb. Seperti big bang, informasi pun meledak dengan dahsyatnya di era pasca internet.

Seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari, kita diterpa begitu banyak informasi yang silih berganti tampil di gadget kita setiap harinya. Saking banyaknya informasi yang menerpa kita, hal itu berimbas pada suatu kebingungan yang disebabkan oleh "overdosis" informasi.

Kita jadi semakin sulit membedakan mana informasi yang fakta atau fiksi, asli atau palsu, penting atau tidak penting, dan lain sebagainya. Salah satu akibatnya adalah kian suburnya hoax di dunia maya, terutama yang sifatnya mengadu domba satu pihak dengan yang lain.

Bila tidak disikapi dengan baik, tentunya arus informasi yang berlebihan dan tidak dibentung tersebut dapat berpotensi menciptakan perpecahan bangsa.

Salah satu yang dapat dilakukan yakni penanaman nilai-nilai kebangsaan, yang mana dapat dijadikan sarana bangsa untuk membentengi diri dari derasnya arus informasi yang berpotensi membahayakan persatuan bangsa, seperti hoax yang sedang marak bertebaran di jagat internet.

Empat Pilar MPR RI adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada masyarakat demi menjaga persatuan Bangsa Indonesia.

Empat Pilar MPR RI adalah:

  1. Pancasila
  2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia
  4. Bhinneka Tunggal Ika



Untuk mendukung upaya tersebut, MPR RI pun mengundang para bloggers, vloggers, dan influencers lainnya dalam sebuah acara bertajuk Ngobrol Bareng MPR RI.

Saya sendiri mewakili blog ini, plasticdeath.com, merasa terhormat bisa menjadi salah satu peserta yang terpilih dalam acara tersebut sebagai bagian dari Netizens MPR.




Acara yang diadakan di Lantai 3A Hotel Fairfield by Mariott Surabaya pada hari Sabtu tanggal 4 November 2017 tersebut bertujuan untuk membantu memperluas diseminasi Empat Pilar MPR RI pada masyarakat umum.

Acara Ngobrol Bareng MPR RI dihadiri oleh Sekretaris Jenderal MPR RI, Bapak Maruf Cahyono, dan juga Kepala Bagian Pengolahan Data dan Sistem Informasi Sekretaris Jenderal MPR RI, Bapak Andriyanto. Mbak Avy yang dikenal sebagai mbok-nya bloggers Surabaya juga hadir sebagai moderator dari diskusi yang berlangsung.


Di situ keduanya sama-sama berpendapat bahwa kita harus mewaspadai derasnya arus informasi di era digital seperti sekarang. Karenanya, dibutuhkan pengetahuan dan literasi yang mendalam untuk menyikapi meningkatnya penetrasi dan penggunaan internet di kalangan masyarakat dalam Bangsa Indonesia.

Di sinilah Empat Pilar MPR RI berperan, yakni sebuah usaha yang dimaksudkan untuk memperkuat pengetahuan dan literasi Bangsa Indonesia demi membentengi diri dari ledakan informasi yang telah disebutkan di atas.


Secara pribadi, saya sangat salut atas usaha MPR RI yang menggandeng para influencers untuk menyebarluaskan Empat Pilar MPR RI.

Hal tersebut membuktikan bahwa MPR RI serius untuk membangun kesadaran Bangsa Indonesia di bidang pengetahuan dan literasi, terutama di bidang internet, demi persatuan bangsa dan Bangsa Indonesia yang lebih baik. Dan marilah kita sebagai bagian dari Bangsa Indonesia bergandengan tangan untuk turut menyebarluaskan dan mengimplementasikan pemahaman dari Empat Pilar MPR RI demi bangsa yang lebih baik.

Terima kasih banyak atas kesempatan yang diberikan, MPR RI!

You Might Also Like

1 comments

  1. Kecee!! Yes..semoga 4 pilar benar-benar menjadi bagian oenting dlam kehidupan bermasyarakat di Indonesia yaa

    ReplyDelete

Featured Post

Kampanye CELUP: Demi Berantas Asusila, Rela Terobos Hukum Positif dan Etika

Baru-baru ini, penulis dikejutkan oleh sebuah foto yang disebarkan oleh Official Account (OA) di media sosial LINE bernama ‘Sacriledgy’...